Backpackeran ke Gili Trawangan

Lombok adalah sebuah pulau yang berada di Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dan Bali. Kota yang terkenal dengan kota seribu masjid ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang terkenal, bahkan bisa dikatakan dapat bersaing dengan wisata International. Contohnya saja Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang di akui UNESCO sebagai Geopark kelas dunia. Belum lagi Gili Trawangan, salah satu pulau kecil yang berada di barat laut Lombok.

Gili Trawangan sendiri memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki pulau-pulau pada umumnya, di pulau ini kamu dapat menikmati sunrise dan sunset di pulau ini. Hampir 90% dari pengunjung Gili Trawangan adalah wisatawan asing, sehingga jika kamu berada di pulau akan merasa seperti turis yang berkunjung di negaranya sendiri.

Untuk kamu yang ingin menikmati sunrise dan sunset di Gili Trawangan atau bahkan ingin menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan ala backpacker, yuk simak itinerary backpacker ke Gili Trawangan di bawah ini.

Stasiun Pasar Senen, bagi kamu yang berada di Jakarta dapat memilih kereta ekonomi dengan tujuan Stasiun Gubeng Surabaya. Jika kamu tidak mendapatkan tiket ke Stasiun Gubeng, kamu bisa memilih Stasiun Pasar Turi setelah itu dapat melanjutkan dengan angkot line berwarna hijau ke Staisun Gubeng.

Sesampainya di Stasiun Gubeng, para backpacker dapat melanjutkan perjalan dengan tujuan Stasiun Banyuwangi Baru yang akan memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Setelah sampai di Stasiun Banyuwangi Baru, kamu dapat berjalan keluar stasiun dan berjalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, setelah sampai di pelabuhan kamu dapat membeli tiket kapal ferry menuju Pelabuhan Gili Manuk dengan tarif Rp 6.000 . Kapal tersedia 24 jam dan berangkat setiap 1 jam sekali. Perjalanan akan memakan waktu selama 2-3 jam, dan perlu kamu ingat sesampainya di Pelabuhan Gili Manuk akan ada perbedaan waktu antara WIB dan WITA, perbedaan waktu akan maju 1 jam.

20140615_071850

Jalan-Jalan di Surabaya

Pelabuhan Gili Manuk, kamu dapat berjalan ke arah Terminal Gili Manuk yang jaraknya tidak jauh dari pelabuhan. Di pintu keluar pelabuhan akan ada pemeriksaan identitas yang membutuhkan ID kamu, jadi jangan lupa untuk membawa ID.

Perjalanan akan berlanjut ke Pelabuhan Pada Bai Bali menggunakan bis dengan tariff Rp 50.000 dari Terminal Gili Manuk. Bis ini mulai beroperasi pada pukul 1.30 WITA hingga terkahir pukul 17.00 WITA dan perjalanan akan menempuh waktu 6 jam perjalanan.

Pelabuhan Padang Bai Bali, perjalanan kamu belum usai. Sesampainya di Padang Bai kamu harus menyebrang ke Lombok yaitu Pelabuhan Lembar dengan tariff Rp 44.000  yang akan memakan waktu 3-4 jam. Sesampainya di Pelabuhan Padang Bai dapat melanjutkan perjalanan ke Terminal Mandalika. Dari Terminal Mandalika ke Senggigi naik L300 dengan tariff Rp 5.00 (alternatif lain dari Pelabuhan Lembar ke daerah Cakranegara atau Cakra dengan angkutan operasi tarif  Rp 15.000 tiba di Cakra berganti angkutan menuju Padang Roe Rp 3.000 dan berganti angkutan menuju Senggigi Rp 3.000), atau untuk angkutan lainnya di Pelabuhan Lembar ada mobil pribadi yang memang beroperasi ala rombongan, para backpacker bisa sharing cost dengan penumpang lainnya.

Pantai Senggigi, sebelum menikmati eksotisnya Gili Trawangan, tidak ada salahnya kamu mencicipi sedikit keindahan di Pulau Senggigi. Kamu dapat berjalan santi dipinggir pantai dan menikmati sunset serta suasana malam di Senggigi.

Gilir Trawangan, dari Senggigi kamu harus menuju dermaga Bangsal terlebih dahulu. Dari kawasan Senggigi kamu bisa naik L300 dengan tarif Rp 3.000 atau menggunakan sepeda motor. Dari Bangsal lanjut menyebrang menggunakan perahu kayu dengan tarif Rp 10.000 dam akhirnya sampailah di Gili Trawangan.

DSC_0133

Gili Trawangan, Lombok

Sesampainya di Gili Trawangan kamu akan merasakan suasana yang berbeda. Sepanjang jalan kamu akan menemukan banyak Bar serta turis asing yang sedak asyik berjemur di pinnggir pantai. Di Gili Trawangan ini kamu dapat menginap ala backpacker di Funny Homestay dengan tarif Rp 250.000/malamnya.

Itu dia informasi perjalanan ala backpacker ke Gili Trawangan, kamu juga bisa mengajak teman-teman supaya budget yang dibutuhkan semakin murah. Take your backpack and make a journey unforgettable!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s