One Day Trip ala Pulau Seribu

Siapa yang tak kenal Jakarta dengan segala metropolitannya. Ibu Kota Negara ini memang memberikan fasilitas yang sangat lengkap di segala penjuru kotanya, dari makanan pingir jalan hingga restoran mewah, dari brand lokal hingga internasional, pusat perkantoran dengan kemegahannya. Ya, semua dapat kamu temukan di Jakarta. Tapi siapa sangka jika Jakarta memiliki pulau pulau kecil yang bisa kamu nikmati hanya dalam satu hari saja.

Pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu ini memang sedang menjadi daya tarik bagi para wisatwan lokal khusunya. Selain dengan harag serta lokasi yang masih terjangkau, tidak hanya pemandangan pantai saja yang bisa di nikamti, pulau-pulau ini juga banyak menyajikan sejarah pada masa lampau.

Sebut saja Pulau Kelor atau yang dulu dikenal dengan Pulau Kherkof. Pulau yang bisa kamu kunjungi sekitar 45 menit dari tempat pelelangan ikan kamal muara atau sekitar 60 menit dari pantai ancol. Pulau kelor ini memiliki peninggalan berupa galangan kapal atau benteng yang dibangun oleh VOC untuk menghadapi serangan Portugis pada abad ke 17. Benteng bernama Martelo inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjungnya. Seperti biasa kegiatan di pulau ini kita bisa mengelilingi pulau sambil berfoto dengan pemandangan laut dan Benteng Martelo.

Pulau ke dua adalah pulau kahyangan, sedikit terdengan asing memang tapi siapa sangka jika pulau ini biasa di sebut dengan Pulau Cipir. Pulau cipir ini juga banyak meninggalkan sejarah yang saat ini hanya tersisa puing-puing bangunan saja. Pada masa VOC, pulau ini menjadi tempat karantina haji, baik mereka yang ingin berangkat melakukan ibadah haji ataupunkembali hajinya. Para haji diperiksa kesehatannya, tetapi ini hanya kamuflase dari para penjajah supaya mereka tidak dapat menyebarkan agama islam.

Processed with VSCO with c1 preset
Pulau Cipir, Kep. Seribu

Semakin sore, suasan dipulau ini semakin sejuk dan kalian bisa berfoto di jembatan putus yang menghubungkan dengan pulau onrust.

Pulau terakhir yang saat ini menjadi ramai bukan lain adalah Pulau Onrust. Ya, pulau ini memang tidak jauh letaknya dari pulau cipir.

Onrust sendiri diambil dari bahasa Belanda yang artinya “tidak pernah beristirahat” . Pulau yang dulunya dijadikan sebagai asrama haji bagi para jamaah yang ingin berlayar ke Arab Saudi. Pulau Onrust pun kemudian menjadi pulau tahanan bagi para pemberontak penjajah. Pulau ini menjadi saksi tewasnya para tahanan politik kelas berat pada masa jajahan Belanda.

Jika berkunjung ke pulau ini, kalian masih bisa melihat musem dan sisa puing-puing bangunan pada jaman jajahan Belanda. Ada juga pemakaman yang memiliki cerita romantis dibaliknya.

IMG_3243
Pulau Onrust, Kep. Seribu

Pulau ini juga tidak kalah dengan 2 pulau sebelumnya. Pulau yang memberikan pesona hamparan laut berpadu dengan misteri kelam, menajdikan pulau ini terlihat eksotis jika kamu berada disini.

Naik Taksi / Mobil Pribadi – Naik TOL arah Bandara Soetta lalu keluar di Pintu Tol Kamal 1, setelah turun Tol Kamal 1 akan ketemu dengan Putaran Balik, setelah sampai di Putaran Balik langsung Putar Balik & Belok Kiri Menuju Muara Kamal / Pasar Ikan Muara Kamal (+/- 30 Menit dari lampu merah tersebut menuju Muara Kamal / Pasar Ikan Muara Kamal) / setelah keluar TOL Kamal 1 dapat bertanya kepada penduduk setempat dimana letak Pasar Ikan Muara Kamal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s