Kalibiru, Primadona Baru dari Jogja

Berawal dari perbincangan pagi hari bersama seorang teman, akhirnya kami memutuskan untuk memilih Yogyakarta sebagai tempat pelarian trip kami. Yoygakarta memang kota dengan seribu macam tempat wisata, dari mulai kuliner, city tour,  sejarah hingga wisata alam tersedia disana. Wisata alam menjadi pilihan kami untuk mengexplore Kota Gudeg ini.

Kami menginap di daerah Malioboro kawasan Jalan Sosrowijayan, sepanjang jalan ini memang banyak sekali hotel-hotel murah ala backpacker. Salah satunya adalah Indonesia Hotel tempat dimana kami menginap. Untuk ala backpacker kami memilih kamar ekonomis dengan harga Rp. 90.000/malam, dan jangan pernah membayangkan kesan modern dalam hotel ini, karna hotel ini memang terlihat sangat sederhana. Murah bukan berarti pelayanan tidak baik, terbukti Pak Anto adalah pemiliki Indonesia Hotel yang sangat ramah.

Kami sudah membuat beberapa list tempat wisata alam yang akan di kunjungi, dan Kalibiru pun menjadi tempat wisata alam pertama kami.

Kalibiru yang terletak di sebelah barat Yogyakarta, tepat di Desa Hargowilis Kecamatan Kokap Kulonprogo. Pukul 06.00 WIB kami memulai perjalanan dari Malioboro dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam. Untuk jalur menuju Kalibiru kamu dapat melewati arah Jogja-Godean-Wates-Waduk Sermo atau Jogja-Godean-Sentolo-Waduk Sermo dan kamu akan menemukan papan penunjuk arah ke Kalibiru.

Kalibiru merupakan salah satu wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar, ada beberapa fasilatas yang disediakan seperti Camping Ground, Outbond, Homestay dan Gardu Pandang di atas pohon untuk menikmati keindahan bukit Menoreh dan Waduk Sermo. Obyek wisata yang baru-baru ini popular karena spot foto yang sangat indah dan terlihat sedikit menantang, sebab kamu  harus menaiki tangga untuk dapat berfoto di atas menara pandang tersebut.

Untuk dapat menikmati kawasan Kalibiru, saya sangat menyarankan kalian untuk datang di pagi hari, supaya tidak mengantri untuk sekedar berfoto di atas gardu pandang tersebut. Wisatawan hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang, sedangkan untuk tarif parkir motor sebesar Rp. 2.000 ,  mobil Rp. 5.000 dan untuk tiket spot foto gardu pandang, kamu hanya cukup membayar Rp. 10.000/orang .

IMG_7964
Kalibiru, Jogja

Jika wisatawan berkunjung di pagi hari maka kamu akan melihat pemandangan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut, jika berkunjung di sore hari maka pemandangan senja yang terbenam sempurna akan menentramkan hati kamu.

Kalibiru salah satu wisata alam yang saat ini sedang menjadi primadona di Yogyakarta, jadi sangat disayangkan sekali jika kamu datang ke Jogja dan tidak menyempatkan datang untuk bercengkrama dengan indahnya pemandangan Bukit Menoreh dan Waduk Sermo yang dinikmati dari gardu pandang di atas pohon. Ayok Njogja!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s