Pantai Timang, Wisata Ekstrim Di Gunung Kidul

Masih dalam kota yang sama yaitu Yogyakarta, kami kembali mengexplore keindahan alam kota gudeg ini. Kali ini Pantai Timang menjadi salah satu tujuan utama setelah Kalibiru. Pantai Timang yang terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Gunung Kidul ini, memang menarik perhatian kami. Siapa sangka Yogyakarta yang terkenal memiliki banyak pantai berpasir putih, ternyata memiliki satu pantai dengan daya tarik yang berbeda.

Pantai Timang memang menjadi salah satu wisata baru di Yogyakarta. Seperti yang diketahui, pantai di deretan Gunung Kidul memang selalu memberikan keindahan tersendiri dengan pasir putihnya. Tapi tidak hanya pasir putih yang disajikan oleh Pantai Timang, melainkan wisata ekstrim yang memacu adrenalin para wisatawan untuk mencobanya. Bagaimana tidak memacu adrenalin, di Pantai Timang ini kamu akan menemukan gondola yang terhubung dari karang satung dengan karang yang berada di sebrang.

Awalnya gondola ini hanya di gunakan oleh para nelayan yang mencari lobster. Para nelayan memanfaatkan gondola tersebut untuk mereka memasang perangkap lobster di karang yang bersebrangan dengan Pantai Timang. Dari informasinya yang saya dapatkan, bahwa gondola yang berada di Pantai Timang ini dibuat oleh seorang mantan pekerja yang dulunya membantu pembangunan kereta gantung yang berada di Taman Mini Indonesia Indah. Hanya beberatahun belakangan ini gondola di Pantai Timang menjadi buruan para wisatawan.

IMG_8296

Pantai Timang, Gunung Kidul

Jika kamu memulai perjalan dari Kota Yogyakarta ke Pantai Timang yang berada di Gunung Kidul akan memerlukan waktu sekitar 3 jam. Akses menuju pulau Timang memang terbilang sulit karena kurangnya petunjuk yang memadai. Jarak dari Kota Wonosari ke Pantai Timang sekitar 35 km, dari Kota Wonosari kamu dapat menuju ke arah Pantai Baron kemudian pertigaan Mulo dilanjut ke arah Pantai Siung dan kamu akan menjumpai Pasar Dakbong. Setelah itu, kamu akan menemukan jalan bebatuan yang tidak kalah esktrim dari gondola di Pamtai Timang. Jalanan berbatu layaknya seperti jalur off-road ini memang mengantarkan kita untuk mencapai Pantai Timang.

Jika menggunakan mobil, maka jalanan terkahir sebelum jalan berbatu kamu bisa berhenti untuk mencari jasa ojek yang tersedia. Ojek akan mengantarkan wisatawan sampai ke Pantai Timang bahkan akan dijemput kembali jika telah selesai menikmati Pantai tersebut. Cukup membayar jasa ojek Rp. 30.000/orang kamu dapat mencapai Pantai nan indah ini.

Pantai yang masih terlihat sangat alami karena memang belum banyak yang dikembangkan dari Pantai Timang. Untuk mencoba nyali kamu dengan menaiki gondola, masyarakat setempat memberikan tarif untuk wisatawan lokal sebesar Rp. 150.000/orang sedangkan Rp. 200.000 untuk wisatawan asing. Gantole yang berjarak kurang lebih 200 meter ini akan membawa kamu menyebrangi batu karang besar diatas lautan dengan ombak besar dan juga jarak permukaan laut yang cukup tinggi.

Silahkan datang ke Pantai Timang, untuk menguji keberanian kamu menyebrangi batu karang dengan gondola tali ini. Selamat mencoba. Ayok Njogja!

2 thoughts on “Pantai Timang, Wisata Ekstrim Di Gunung Kidul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s