Warung Mbok Yem, Warung Legendaris di Atas Puncak Gunung Lawu

Mbok Yem bukan nama yang asing untuk para pendaki gunung lawu. Jika kamu pernah mendaki gunung lawu hingga puncak, maka kamu akan berpapasan dengan Warung Mbok Yem. Wanita yang memiliki nama asli Wakiyem ini memiliki sebuah warung yang di dirikan di atas Gunung Lawu, warung tersebut sudah berdiri sejak tahun 1980-an.

Gunung Lawu sendiri memiliki ketinggian 3265 mdpl dengan jalur pendakian yang cenderung kurang cocok untuk pemula karena didominasi bebatuan dan kurang nyaman untuk dijejaki. Warung Mbok Yem berdiri tegak dekat dengan salah satu puncak Gunung Lawu yaitu Puncak Hargo Dumila. Warung Mbok Yem sudah menjadi cerita legendaris untuk para pendaki gunung.

Warung Mbok Yem ini menyediakan makanan dan minuman untuk para pendaki yang beristirahat sebelum atau sesudah mencapai puncak hargo dumila. Untuk makanan, menu favorit di Warung Mbok Yem adalah nasi soto dan sego pecel, tidak hanya itu para pendaki juga bisa memesan nasi telor, gorengan atau Indomie. Untuk masalah harga makanan dan minuma di warung mbok yem terbilang ekonomis untuk ukuran sebuah warung yang berada di atas Gunung yakni kurang lebih 10.000/porsi.

Jika kamu bertanya-tanya, “Apakah mbok yem mendaki gunung setiap hari dan turun setiap hari untuk pulang ke rumah?”. Jawabannya adalah, Mbok Yem hanya turun gunung tiga kali dalam satu tahun. Beliau pulang ke rumah hanya pada saat Idul Fitri dan ketika ada keluarga yang memiliki hajat atau hari-hari besar. Untuk pasokan dapur dan bahan makanan, Mbok Yem menyatakan bahwa selalu ada orang yang mengirim bahan makanan ke warungnya, tiga kali dalam seminggu.

Jika kamu mendaki gunung lawu, jangan lupa mampir ke warung mbok yem ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s