Terima Kasih Atap Jawa Tengah

Pada akhirnya kami memutuskan untuk mendaki sebuah gunung dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Sebuah gunung berapi yang terletak di Pulau Jawa, di antara 5 kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Kabupaten Pemalang adalah Gunung Slamet.

Saya dan 3 teman pendakian melakukan pendakian Gunung Slamet via Bambangan. Dari Jakarta kami menggunakan kereta api Serayu yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dan berakhir di Stasiun Purwokerto.

Stasiun Pasar Senen, Jakarta

Sampai di Staisun Purwokerto kami lanjut menggunakan pick up yang sudah dipesan jauh-jauh hari untuk menjemput kami dari stasiun ke basecamp pendakian. FYI, kami dikenakan harga 250ribu untuk penjemputan hingga basecamp bambangan, untuk kontak yang dapat dihubungi bisa langsung sms atau telepon ke 085747790561.

DCIM100MEDIA

Tiba di basecamp bambangan kami langsung beristirahat dan menikmati makanan yang ada di basecamp dan melakukan packing ulang pendakian. Tepat pukul 1 siang kami memulai pendakian Gunung Slamet via Bambangan. Sebelum melakukan pendakian disetiap gunung, saya selalu mencari informasi terkait gunung yang akan dituju, begitupun dengan Gunung Slamet.

Informasi yang saya dapatkan mengenai track dan jalur Gunung Slamet via Bambangan adalah tracknya yang tidak pernah landai artinya nanjak terus gan. Dari basecamp sampai pos 1 pondok gembirung  kami tempuh dengan waktu 2 jam perjalanan. Nggak perlu takut kelaparan atau kehabisan logistik, karena di Gunung Slamet ini kalian akan menemukan pedagang di atas gunung, mulai dari  pos 1 hingga pos 5.

Pos 1, Gunung Slamet

Setelah beristirahat kurang lebih 10 menit di pos 1, kami melanjutkan perjalanan ke pos 2. Menuju pos 2 Pondok Walang, track pendakian makin sulit dan menanjak, jalur pendakian sudah mulai memasuki kawasan hutan. Kami menempuh waktu 2 jam untuk bisa sampai di pos 2 dan kami pun memutuskan untuk bermalam di pos 2 karena cuaca saat itu sudah mulai gerimis.

Benar saja, setelah tenda kami berdiri dengan tegak hujan pun mulai turun. Kami menikmati hujan malam itu dengan menyantap makanan yang dibuat oleh salah satu teman pendakian. Malam mulai larut dan kami pun beristirahat mempersiapkan fisik  untuk summit dini hari.

Kami memulai summit pada pukul 03.00 dini hari dengan udara yang sangat dingin serta track yang terus menanjak.

Summit Track, Gunung Slamet

Singkat cerita, pukul 13.30 siang kami tida di pelawangan. Kok lama? Waktu yang cukup lama memang dari beberapa gunung yang pernah saya datangi. Kami sampai puncak sekitar pukul 17.00, saat ini hanya rombongan kami saja yang berada di atas puncak Slamet. Entah apa lagi yang harus saya ucapkan, perjalanan panjang dan sulit akhirnya terbayarkan semua dengan pemandangan yang diberikan di atas puncak Slamet. Sungguh Tuhan maha kuasa.

Tidak lama berada di atas puncak, kami langsung memutuskan segera turun karena kabut sudah mulai tebal dan angin semakin kencang. Perjalanan kembali pun tidak luput dari track yang sulit dan keadaan kami yang sudah terlalu lelah.

Sampai akhirnya, kami sampai di pos 5 pukul 20.00 dan memutuskan untuk bermalah di shelter karena melihat kondisi badan yang sudah tidak bisa melanjutkan hingga pos 2. Di sini lah ujian kekebalan dingin kami dicoba. Bayangkan saja, saat itu sedang purnama di puncak Slamet dan kami tidur hanya beralasakn tiker serta berselimutkan jaket saja.

Pagi, pukul 7 kami meninggalkan pos 5 dan kembali ke tenda di pos 2. Sampai di pos 2 kami hanya beristirahat sejenak lalu melanjutkan packing untuk turun kembali.

Sampai akhirnya kami sampai kembali di basecamp dan melajutkan perjalanan ke obyek wisata Pemandian Air Panas Guci.

Terima kasih Atap Jawa Tengah. See you!

Gunung Slamet memberikan banyak pelajaran dan kenangan pada kami, dan kami akan kembali dengan formasi yang sama melalui jalur yang berbeda. See you Slamet, thank you for the incredible journey.