Menikmati Cantiknya Sunrise di Atas Gunung Ungaran

Gunung yang memiliki ketinggian 2.050 mdpl ini sangat cocok untuk pendaki pemula. Walau gunung ini tidak terlalu tinggi tetapi medan yang dimiliki tidak bisa diremehkan begitu saja.

Gunung Ungaran  terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki beberapa jalur yang bisa kamu lewati, yaitu Jalur Pendakian via Gedong Songo, via Promasan dan yang paling favorit adalah Jalur Pendakian via Jimbaran atau  yang dikenal dengan basecamp mawar.

Saya dan ketiga rekan saya memulai pendakian melalui basecamp mawar. Sebelum kami sampai di basecamp, kami melewati Kawasan Umbul Sido Mukti yang padat pengunjungnya saat itu dikarenakan musim libur lebaran.

Sampainya kami di basecamp mawar, seperti biasa kami melakukan packing ulang dan mengecek semua perlengkapan yang akan kami bawa ke atas.

IMG_4531
Basecamp Mawar, Gunung Ungaran

Sebagai awal pendakian, trek yang akan kalian temukan masih cukup ringan, trek terbuka dan tidak terlalu menanjak. Pos 1 tidak memiliki tempat yang terlalu besar dan hanya menggunakan seng sebagai penutup pos ini. Kalian akan menemukan pos ini di sebelah kiri jalur pendakian.

Melanjutkan perjalanan dari pos 1 menuju pos 2, trek yang akan dilewati masih sama yaitu lereng gunung yang masih bersahabat. Dari pos 2, kami mulai mempercepat langkah kami untuk segera mendirikan tenda.

Dari pos 3 kami memutuskan untuk tidak melewati jalur kebun teh karena jalurnya yang memutar dan jauh. Akhirnya kami melalui trek hutan yang cukup lembab dan jalur mulai menanjak.

Ternyata setelah memasuki hutan yang cukup lembab dan trek mulai menanjak, ini lah trek sesungguhnya Gunung Ungaran. Kalian akan disuguhkan jalur pendakian yang cukup terjal dan menanjak dengan keadaan hutan terbuka.

Bebatuan besar dan trek yang terus menanjak akan mendominasi perjalanan kalian menuju puncak ungaran.

IMG_4574
Jalur mulai menanjak dan bebatuan besar

Kami mendirikikan tenda di camp area yang tidak jauh dari puncak yang biasa digunakan untuk camp. Gunung ungaran ini memiliki tiga puncak yaitu Puncak Gendol, Puncak Botak dan Puncak Ungaran dengan ketinggian 2.050 mdpl.

IMG_4592
Tugu Puncak Ungaran

Dari camp area, kami sedikit menanjak untuk mencari spot sunrise terbaik di Ungaran. Betul saja, tidak lama kami jalan, kami menemukan spot  yang bagus untuk menikmati sunrise Ungaran yang saat itu bersinar sempurnah secara perlahan.

IMG_5086
Sunriseeeeeee yay

IMG_5073

Thank you Ungaran for the beautiful sunrise! Love it

2 thoughts on “Menikmati Cantiknya Sunrise di Atas Gunung Ungaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s