Bubur Sop Ayam Khas Cirebon, Gurih-Gurih Nikmat!

Menyisiri malam Kota Cirebon, nampaknya kurang lengkap jika tidak menikmati makanan khas kota udang ini. Berada di Jl. RA Kartini, saya melihat keramaian dipinggir jalan ini. Ternyata, ada sebuah pedagang yang menjajakan makanan khas Kota Cirebon.

Bubur sop ayam ternyata berhasil menyita rasa penasaran saya untuk berhenti sejenak menyicipi keunikan makanan yang satu ini. Terlebih, warung ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun masyarakat setempat.

Tepat pukul 21.00 semangkuk bubur sop ayam sudah tersedia di meja dengan segelah teh manis hangat. Sejenak saya masih memperhatikan semangkuk bubur sop ayam ini, terlihat kasat mata tidak ada bubur sama sekali melainkan hanya seperti sop ayam pada umumnya.

Saya perlahan mulai menyedok bubur sop ini, dan ternyata mendapatkan kejutan disendok kedua. Bubur yang sejak awal saya cari ternyata ditaruh pada bagian bawah bubur sop ini. Tidak seperti bubur pada umumnya, bubur yang berada disop ayam ini memiliki tekstur yang sedikit padat seperti nasi tim.

Mulai mencoba menyatukan rasa antara bubur dan sop ayam. Kuah yang digunakan adalah kuah sop bening dengan rasa kaldu sehingga memberikan rasa yang gurih pada kuah sop ini. Kuah panas ini disiram diatas kol, soun, sledri, daun bawang, kacang serta suwiran daging ayang dan beberapa potongan ampela.

Mmm.. Nikmat! Rasanya sungguh gurih dan lezat. Kuah kaldu yang begitu kuat sangat pas disajikan dengan bubur padat. Satu mangkuk bubur sop ayam ini sudah bisa mengenyangkan dan menghangatkan tubuh jika disantap malah hari pada musim penghujan seperti sekarang ini.

IMG_9218
Bubur Sop Ayam khas Cirebon

Untuk menemukan makan sejenis ini tentu bukan hal yang sulit. Kamu bisa menemukannya disetiap pojok sudut Kota Cirebon atau salah satunya bisa ditemukan di Jl. RA Kartini, Jalan Tentara Pelajar, atau bahkan sentra kuliner Alun-Alun Cirebon. Tidak perlu mengeluarkan kocek yang mahal, satu mangkuk bubur sop ayam hangat ini dijual seharga Rp. 15.000 saja.

Jangan sampai tidak mencicipi makanan unik khas kota udang ini jika sedang singgah di Cirebon. Selamat menikmati!

4 thoughts on “Bubur Sop Ayam Khas Cirebon, Gurih-Gurih Nikmat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s