#MainSebentar: Sehari Menikmati Keindahan Sawarna

#MainSebentar kali ini disponsori oleh teman seperjalanan saya ketika kami bertemu ditrip Pulau Pahawang. Ini adalah hal yang saya suka, salah satu keuntungan traveling itu bisa nambah temen dimana saja dan kapan saja.

Mba Schinta, dia dulunya memang stranger untuk saya, tapi tidak dalam perjalanan kali ini. Tiba-tiba, dia menelpon saya pada Kamis malam dan Mba Shcinta langsung mengajak saya pergi ke Sawarna. Sebenarnya kami pergi ke Sawarna karena salah satu teman Mba Schinta asli orang Bayah, yang daerahnya tidak terlalu jauh dari Sawarna, dan dengan  murah hati saya menerima tawaran Mba Schinta tanpa memikirkan apa pun hehe.

Perjalanan ini diikuti oleh 5 orang, saya, Mba Schinta, Bang Jodi, Bang Ade dan supir yang mengantarkan kami. Berangkat Jumat malam pukul 21:00 dari daerah Kuningan dan kami menjemput Bang Ade  terlebih dahulu di Cawang, karena rumah Bang Ade ini lah yang akan menjadi tempat kami menginap.

Sekitar pukul 3 pagi atau 4 (lupa) kami tiba di Bayah, di kampung halaman Bang Ade. Kami melanjutkan isrtirahat hingga pukul 07.00 pagi. Ah udara pedesaan yang sungguh-sungguh menyegarkan sekali di Bayah pagi itu. Saya. Mba Schinta, Bang Jodi dan Bang Ade bergegas bersiap-siap untuk membuka track ke air terjun yang berada tidak jauh dari kampung tersebut.

Ini kali pertama tracking menggunakan sandal jepit untuk bisa melihat air terjun yang berada di belakang desa. Kami melewati perkampungan warga, kebun, sawah dan sedikit masuk hutan untuk menemukan air terjun yang tersembunyi dibalik pepohon.

Gilaak! Ini sih bener air terjun yang masih perawan banget, karena cuma penduduk sekitar saja yang datang ke air terjun ini, berasa punya air terjun private hehe. Gak mau menyia-nyiakan waktu, kita langsung nyebur buat ngerasain segernya air terjun yang entah apa namanya itu.

Setelah puas menikmati air terjun dengan kesegaran udara disekitar air terjun, kami kembali ke rumah Bang Ade. Benar saja, sesampainya di rumah, Ibunda Bang Ade sudah menyiapkan sarapan yang sederhana tetapi rasanya sungguh nikmat. Selesai sarapan kami bergegas merapihkan diri untuk segera melanjutkan perjalanan ke Pantai Sawarna.

Cuaca yang terik selama perjalanan membuat kami memutuskan untuk beristirahat sebentar disebuah warung dan melihat keindahan Pantai Sawarna dari kejauhan. Wah spot yang kami pilih memang tidak salah, rasanya kami tidak sabar ingin segera menikmati keindahan langsung Pantai Sawarna dari kedekatan.

A beach, the best place to relax

Sekitar kurang lebih 50 menit perjalanan dari rumah Bang Ade dan kami sempat berhenti cukup lama di warung, akhirnya kami tiba di Pantai Sawarna menjelang sore. Kami langsung mencari spot untuk menikmati Pantai Sawarna dan tentunya ditemani dengan es kelapa yang segar.

Cuaca yang sangat cerah mendukung perjalanan kami kali ini. Menikmati udara sore hari dan berfoto ria menjadi kegiatan kami selama di Pantai Sawarna.

Setelah puas menikmati Pantai Sawarma, kami memutuskan untk menunggu terbenamnya matahari di Pantai Tanjung Layar yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Sawarna. Pantai Tanjung Layar memang terkenal dengan sunsetnya yang begitu cantik. Dari Pantai Sawarna menuju Pantai Tanjung Layar hanya berjarak kurang lebih sekitar 1 km dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja.

Menunggu senja di Pantai Tanjung Layar
Sunset di Pantai Tanjung Layar

Puas menikmati Pantai Sawarna dan senja di Pantai Tanjung Layar, kami harus segera kembali ke rumah Bang Ade untuk makan malam bersama.

Ada beberapa saran dari saya ketika ingin mengunjungi Pantai Sawarna, yang pertama jika kamu ingin menikmati setiap sudut keindahan Pantai Sawarna, pastikan kamu tidak pergi pada saat long weekend atau hari libur nasional. Ke dua, sore hari adalah waktu yang pas untuk menikmati angin dan suasana pantai yang sejuk di Pantai Sawarna, setelah itu kamu juga bisa langsung berburu sunset cantik di Pantai Tanjung Layar.

Nggak perlu jauh-jauh atau repot kalo kamu ingin melepas penat di weekend, #MainSebentar saja di Pantai Sawarna.