Jadi Relawan Itu Gak Enak, Serius

Setelah sekian lama mager banget untuk nulis, either nulis di blog sendiri atau lainnya tapi yang namanya males tetep aja gak akan dikerjaain dan sampai akhirnya kok ada rasa kangen gitu tapi bingung gimana ungkapinya. Kerinduan yang lumayan mengusik gw belakangan ini perihal sebuah panggilan hati yang udah lama banget gak gw lakuin. Kok panggilan hati? Pada dasarnya kebaikan itu ada disetiap hati orang tapi lebih luas dari hanya kebaikan, dan yang kamu dapatkan bukan lah apresiasi atau sekedar ucapan terima kasih, tapi kepuasan yang ada dalam batin kalian.

Kenapa jadi relawan itu gak enak? Iya, soalnnya jadi relawan itu menimbulkan kerinduan-kerinduan yang susah kita dapetin hiks.

Sudah hampir setengah tahun ini gak ada kegiatan kerelawanan yang gw ikutin, even itu online ataupun offline dan rasa-rasanya tuh kayak ada sesuatu aja yang kurang. Nah ini juga termasuk panggilan hati gw yang kurang, karena memang gw masih menyampingkan itu dan mengedepankan yang lain. Gpp kok itu wajar, karena relawan itu bersifat sukarela yang nggak bisa dipaksa, ada saatnya nanti diri kita akan terpanggil untuk hal itu.

Pencitraan? Nope, dalam tulisan ini gak ada sama sekali branding image atau pencintraan sih tapi lebih mau sharing aja selama ini apa sih yang gw rasaain ketika jadi relawan.

Sebelumnya, gw memang terdaftar dibeberapa organisasi non profit sebagai relawan dan terkadang gw pun suka buat kegiatan sosial sendiri bareng temen-temen. Kenapa suka jadi relawan? Because I believe that I am here to help everyone breathe. Karena memang kita hidup di dunia ini gak sendiri, jadi hidup lah untuk orang lain.

Capek gak sih kalo lagi jadi relawan? Capek! Kadang ada kegiatan relawan yang bikin capek banget tapi entah kenapa gw tetep hepi dan seneng aja gitu ngelakuinnya.

Duuh makin kangen deeeh. Baik lah gw akan share foto-foto relawan yang pernah gw lakuin aja ya randomly hehe

Foto-foto ini waktu ulang tahunnya Baam. Jadi, Baam ini adalah salah satu APK (Anak Pita Kuning) btw, he is blind. Aku dan kakak relawan lainnya, kita bikin acara ultah buat Baam.

Mewarnai yay! Pita Kuning buka booth playground di event pameran miniatur mobil-mobil gitu kalo gak salah sih. Jadi bagi orang tua yang ingin menitipkan anaknya di booth Pita Kuning boleh banget, dan acara pameran tersebut memang menyumbangkan dana dari hasil penjualan mereka, ya semacam galang dana sih.

Teenagers Day Out. Yap, ini event Pita Kuning bareng Guardian dan Jungeland Sentul. Apa tuh Teenagers Day Out? Jadi acara ini special khusus remaja Anak Pita Kuning yang beranjak dewasa. Seru banget sih bisa mendampingi adik-adik Pita Kuning ini seharian di Jungleland.

Mari lanjut ke foto lainnya

AndakIndik Charity Trip. Nah acara social kali ini beda dari yang lain, kenapa? Karena konsep charity trip sendiri adalah mengajak siapa saja untuk berdonasi melalui kegiatan traveling, yang mana keuntungan dari trip ini akan didonasikan kepada mereka yang menerima. Selain itu, kita juga membantu menjalankan pariwisata yang ada di daerah tujuan.

AndakIndik Charity Trip dilakukan di Pulau Tejang Sebesi, Lampung. Di pulau ini terdapat sebuah sekolah dasar yang belum memiliki fasilitas lengkap untuk penunjang aktifitas sekolah. Kami mencoba memberikan alat tulis, buku, alat kebersihan sekolah dan yang paling penting adalah sound system. Kok sound system? Yes, karena listrik yang terbatas sehingga mereka kadang gak bisa pake soud system untuk acara upacara atau olahraga.

Nah untuk tripnya, karena sekolah SD ini berada dipulau sebesi, otomatis wisata terdekat adalah Anak Gunung Krakatau berserta pantai-pantai cantik lainnya.

Setelah mengemban tugas dan tanggung jawab, panita dan seluruh peserta charity trip bisa menikmati keindahan yang ada disekitarnya. Seru kaaan, seruuu dooong.

Masih dengan team yang sama AndakIndik. Kali ini event AndakIndik diadain pas bulan puasa di beberapa tempat. Gw cuma inget di Panti Asuhan kawasan Jakarta Timur dan Panti Jompo, lalu lanjut ke daerah Cakung di sebuah Panti Asuhan kecil gitu deh.

Piknik Edukatif Pita Kuning di PPIPTEK Taman Mini adalah event terakhir yg gw ikutin, pun karena dadakan juga. Iya, karena relawan photographer Pita Kuning dadakan gak bisa hadir, dan gw dengan pedenya menggantikan dia untuk jadi photographer ala ala.

Masih ada beberapa foto lain juga sih yang bikin kangen, tapi nanti aja lah ya sharenya. Mau kerja dulu haha

Eh satu lagi deh, gw mau share foto temen seperjuangan selama di Pita Kuning. Kangen juga soalnya sama mereka. Mereka ini adalah para relawan skills Content Writer Pita Kuning (termasuk gw). Group relawan terseru dan terame, apalagi kalo lagi ada event Pita Kuning kita suka berebut barisan buat jagain booth haha

Tengkyuuu sudah membaca tulisan gw yang random ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s