Mencari Kiblat di Rumah Kafir

Sedang dititik yang mana gw suka ngomong dalam hati, “Kenapa mesti beda agama?”, “Kenapa mereka pisah karena beda agama?”, “Kenapa ya dia pindah agama biar bisa sama-sama?”.

Berawal dari siang hari, gw bertamu ke rumah sahabat, “Shalom, akhirnya gw sampe juga di rumah lo”, sapa gw. Seperti biasa gw dan temen gw, sebut aja Delima, kami asik ngobrol dan tiba-tiba pandangan gw teralihkan dengan sebuah gambar 2D Tuhan Yesus yang diframe rapih. “Eh ada Tuhan Yesus”, celetuk gw sambil ketawa seneng.

Gw dan Delima memang sudah berteman lama sekitar 10 tahun lalu dan luar biasanya kami saling menghargai kepercayaan masing-masing.

Suatu saat ada cerita lucu, jadi gw punya kesempatan untuk nginep di rumah Delima menemani dia yang tidur sendirian. “Eh gw mau solat dulu nih, di mana ya?”, tanya gw santai. Delima lantas mmencari tempat yang proper disetiap sudut rumahnya untuk gw solat. “Solat di masjid aja lah, mau gak lo? Tapi jauh sih dari sini, gereja tuh yang deket haha”, balas Delima.

Berhubung gw memang anak yang agak mageran, akhirnya gw tetep kekeh mau solat di rumah dia aja.

Gw: Ini kiblatnya mana deh?
Delima: Yailah lu tanya gw, terus gw harus nanya siapa
Gw: Iya ya, tunggu deh gw download aplikasi kiblat dulu
Delima: Pake kompas aja lah, bisa kan?
Gw: Haha berasa lagi di hutan ya, mau solat aja mesti pake kompas dulu

“Nah ini nih kayaknya kiblat”, (((kayaknya))) kata gw yang pasti ragu. Pun gw yang sudah lengkap pakai mukena dan siap untuk solat dan sudah mendapatkan arah kiblat, gw gelar lah sajadah, “Lah ini kenapa Tuhan Yesus ada di depan gw sih ya allah”, kata gw sambil ketawa ngakak haha.

“Tuh kan Tuhan tuh emang satu, cuma kita aja yang gak sama haha. Itu kiblat lu aja menghadap ke patung Tuhan Yesus gw”, timpal Delima sembari ketawa ngakak.

Akhirnya solat gak? Solat dong, yang penting niat udah aman lah ya, masalah diterima atau gak biar Allah yang mikirin itu haha. Gak bakal lupa sih sama kejadian yang satu ini, mencari kiblat di rumah non muslim sampe segitunya.

 

Feature Image: https://unsplash.com/photos/f4amnWqRU70

 

 

 

2 Comments Add yours

  1. Inggrity says:

    Duh ngakak akuuu bagian “Lah ini kenapa Tuhan Yesus ada di depan gw sih ya allah”

    Sebagai muslim sendiri aku juga nggak tau gimana hukumnya, harusnya selama tempatnya bersih disertai niat yang bener kayaknya nggak masalah (((kayaknya)))

    Like

    1. Haha iya sama (((kayaknya))) tapi ya itu sih balik lagi ke niat aja aku mah

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s